Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Diet? Inilah 10 makanan khusus orang diet menurut pakar


Orang yang sedang diet memerlukan pola makan yang baik agar rencana dietnya bisa berjalan dengan baik. Diet bukan berarti menyingkirkan semua makanan dan hanya makanan makanan tanpa garam dan sebagainya. Tapi dengan asupan makanan yang tepat sesuai dengan kandungan kalori dalam makanan tersebut, maka Anda akan lebih mudah mencapai berat badan yang Anda inginkan.

10 makanan berikut ini adalah makanan yang memang cocok di konsumsi oleh para dieters. Mengkonsumsi makanan yang aman bagi berat badan ini akan membuat Anda menemukan banyak variasi dalam menu makan Anda sehingga program diet Anda tidak menjadi membosankan.


1. Telur 

Studi terbaru para ahli dengan meneliti 30 wanita yang memiliki berat badan berlebih menunjukkan hasil bahwa wanita yang sarapan 1 butir telur setiap pagi akan merasa cepat kenyang saat memakan makanan yang lain selama 36 jam. Berarti dalam 1 hari akan makan lebih sedikit dari pada saat tidak sarapan telur. 

Telur disini tidak cuma dikonsumsi putih telurnya saja atau kuning telurnya saja, melainkan mengkonsumsi seluruh telur. Karena telur mengandung protein dan lemak yang membuat Anda cepat kenyang tetapi memiliki sedikit kalori. Jadi selama kalori yang dikonsumsi sedikit, maka Anda tidak usah khawatir akan berat badan Anda.

2. Sayuran hijau

Sayuran hijau termasuk kangkung, bayam, sawi, dan lain - lain bisa membuat Anda cepat kenyang dalam sehari penuh. Mengkonsumsi sayuran hijau cocok bagi Anda yang sedang program diet, karena sayuran hijau mengandung sedikit kalori dan karbohidrat tapi mengandung banyak serat, nah, serat inilah yang akan membuat Anda merasa kenyang seharian.

Selain itu sayuran hijau juga mengandung berbagai macam nutrisi vitamin, mineral dan antioxidan yang sangat baik bagi tubuh Anda.


3. Ikan Salmon

Ikan ini mempunyai khasiat yang luar biasa bagi Anda yang sedang diet. Ikan ini layak untuk Anda konsumsi. Karena ikan salmon memiliki kandungan yodium yang merangsang kelenjar tyroid untuk menjaga metabolisme tubuh Anda dalam kondisi maksimal sehingga dengan metabolisme yang baik tersebut maka energi dari setiap makanan bisa tersalurkan ke seluruh tubuh, dengan begitu energi tidak menumpuk menjadi lemak. 

Ikan salmon juga mengandung lemak tak jenuh (lemak baik), yang berfungsi melancarkan peredaran darah Anda dari kotoran - kotoran lemak jenuh (lemak jahat) atau kolesterol yang menyumbat yang bisa mengakibatkan penyakit jantung dan sebagainya. 

4. Sayuran Kubis - kubisan atau Crucifera

Termasuk jenis sayuran ini seperti kubis, brokoli, kembang kol, dll. Sayuran ini sama seperti sayuran hijau lain yang mempunyai kandungan serat yang banyak. Bedanya dengan sayuran hijau yaitu sayuran ini memiliki lebih banyak protein daripada jenis sayuran lain. 

Kombinasi asupan serat dari sayuran hijau dan protein dari sayuran kubis - kubisan ini akan sangat baik bagi Anda. Seratnya membuat Anda kenyang, proteinnya memberi energi bagi tubuh. Aman, tidak menyebabkan naik berat badan karena kalorinya sedikit. Kecuali Anda makannya dengan nasi 2 piring baru akan bahaya bagi berat badan Anda.

5. Kentang Rebus

Kentang rebus memiliki kandungan kalium yang tinggi. Mineral kalium ini mempunyai khasiat untuk mengontrol tekanan darah agar tetap stabil. Kentang rebus juga mengandung sumber serat pangan yaitu pati resisten, suatu zat yang tidak akan dicerna di usus halus tetapi di cerna di usus besar. Sehingga efek dari adanya kandungan pati resisten ini maka Anda akan merasa lebih kenyang tapi tidak membuat berat badan naik.

6. Ikan Tuna

Ikan ini merupakan pilihan terbanyak untuk dikonsumsi dari kalangan orang yang hobi fitness atau body builder. Ikan tuna mengandung sedikit kalori tetapi banyak protein. Untuk hasil protein yang maksimal disarankan untuk memasak ikan ini dengan air bukan dengan minyak. Jadi jangan sungkan atau ragu menambahkan ikan ini sebagai bagian dari menu diet Anda.

7. Cabai

Sertakan cabai dalam makanan Anda, biar HOT. Studi terbaru menemukan bahwa kandungan cabai yang bernama zat Capsaicin berkhasiat untuk membakar lebih banyak lemak ditubuh Anda. Itu sebabnya Anda berkeringat saat makan pedas. Capsaicin / Kapsaisin merupakan zat yang biasanya sering di masukkan sebagai kandungan dalam supplemen penurun berat badan.

8. Alpukat

Alpukat memiliki kandungan serat, mineral kalium dan satu - satunya buah yang mengandung lemak baik. Lemak yang dimiliki buah alpukat akan membantu melancarkan peredaran darah. Serat dan kaliumnya sangat baik membantu metabolisme tubuh tetap stabil.

9. Makanan Jenis Biji-bijian Utuh (Whole grain)

Orang Indonesia mayoritas sajian menu makanannya berupa biji-bijian yang berasal dari beras, padahal beras sudah melewati proses penggilingan dan sebagainya yang mengakibatkan banyak nutrisi yang hilang dari beras tersebut. Makanan biji - bijian utuh harus dikonsumsi dengan menyertakan kulit, kulit ari, dan bijinya. Sehingga tidak mengurangi kandungan nutrisi didalamnya. Termasuk makanan jenis ini yaitu gandum utuh, beras merah, cokelat, hitam, dan lain - lain.

Makanan biji - bijian utuh ini memiliki kandungan serat yang baik. Mengkonsumsi makanan ini akan membantu Anda untuk merasa kenyang lebih lama daripada hanya memakan nasi putih biasa.

10. Jeruk Bali 

Penelitian yang dilakukan kepada 91 pria yang mengalami obesitas menunjukkan hasil bahwa orang yang memakan jeruk bali (Grapefruit) 1 jam sebelum makan makanan pokok akan memberikan rasa kenyang lebih lama. Penelitian ini dilakukan selama 12 minggu, dan semua responden mengalami penurunan berat badan sebesar 1,6 Kg.

Itulah beberapa makanan khusus bagi orang yang sedang melakukan program diet, sebenarnya masih banyak makanan yang lain tetapi 10 makanan diatas adalah makanan yang paling simpel dan bisa Anda temukan disekitar Anda.

Posting Komentar untuk "Diet? Inilah 10 makanan khusus orang diet menurut pakar"